Oleh: hermanussugianto | September 5, 2008

Arsip Teks Suci

Setiap agama, sekte atau aliran kepercayaan bahkan organisasi tertentu memiliki sekumpulan teks suci yang menjadi dasar dan pegangan bagi para penikutnya . Satu-satunya jalan yang tepat untuk mengenal jalan yang tepat mengenal ajaran sebuah agama atau kepercayaan adalah dengan membaca dan memahami teks-teks suci mereka, yang biasanya di bundel dalam sebuah kitab.

Di dunia, terdapat ratusan atau bahkan ribuan agama dan kepercayaan, yang masing-masing memiliki teks suci. Website Sacred-Texts mempublikasikan sebagian teks-teks suci dari masing-masing agama dan kepercayaan. Selain kitab suci agama mainstream, website ini juga mengarsip kitab-kitab mitologi, cerita rakyat, okultisme (gaib), dan esoterik (teks yang hanya di pahami oleh orang-orang tertentu).

Website yang didedikasikan untuk toleransi beragama dan pendidikan ini mengumpulkan bahan-bahannya dari hasil scan kitab asli, atau mengambil dari tulisan-tulisan lain yang telah dipublikasikan dan berada dalam publik domain. Semua teks yang ada disini telah diterjemahkan ke dalam bahasa inggris, dan sebisa mungkin tetap menyertakan aksara dan bahasa aslinya.

Mudah-mudahan, terbukanya akses kepada teks-teks suci dari berbagai agama dan kepercayaan ini bisa mengikis kesalahpahaman dan sikap saling curiga antar penganut agama dan kepercayaan, yang tidak jarang berakhir pada konflik horisontal. Bukankah ada pepatah yang mengatakan, “Tak kenal maka tak sayang”? Sekarang adalah waktu tepat untuk mengenal siaoa diri kita sendiri, dan orang-orang lain di sekitar kita.

Info silakan kunjungi di : http://www.sacred-texts.com

Sumber : di sadur/tulis ulang dari tabloid PC Mild


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: