Oleh: hermanussugianto | Mei 31, 2008

Tempoyak, digoreng atau dicampur ikan, Sedap….

Tempoyak merupakan salah satu dari sekian banyak jenis makanan khas Kalimantan Barat terutama yang ada di pedalaman. Tempoyak dibuat menggunakan bahan dasar durian yang sudah matang dan rasanya sedikit asam. Tempoyak sangat enak bila dicampur dengan ikan terutama ikan sungai.

Selain untuk menambah rasa pada ikan sungai, tempoyak juga bisa dimasak dengan cara di goreng. Namun tidak semua orang suka dengan memakan tempoyak. Tempoyak yang sudah jadi tahan disimpan selama berbulan-bulan.

Tempoyak dibuat pada saat musim durian dengan bahan dasar tentunya durian yang sudah matang. Cara pembuatannya terbilang gampang. Pertama-tama durian yang sudah matang dikupas kulitnya, kemudian diambil isinya dengan memisahkan biji dengan isinya. isi durian yang telah dipisah dengan bijinya diberikan garam secukupnya lalu dicampur dan diaduk hingga merata.

Isi durian yang sudah di campur dengan garam secara merata dimasukan kedalam wadah seperti toples dan lain-lain lalu ditutup dengan rapat dan dibiarkan paling tidak satu minggu. Setelah satu minggu tempoyak sudah siap untuk dimasak dengan cara di goreng menggunakan minyak secukupnya atau di campur dengan ikan sungai dengan menumis terlebih dahulu ikan. Ikan yang ditambahkan dengan tempoyak rasanya sedap dan mengundang selera untuk makan.

Nah… anda tertarik untuk mencoba membuat dan memakannya? Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dan pastinya anda akan ketagihan.

Herman


Responses

  1. gak ada skrinsyutnya???

  2. lagi di cariin….thank,s udah koment….


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: