Oleh: hermanussugianto | Mei 15, 2008

Lintah Pembunuh Dalam Sayuran Kangkung

Apakah anda seorang yang gemar memakan kangkung? Jika ya, anda mungkin akan berpikir ulang bila mendengar cerita ini. Terlepas dari benar atau tidaknya cerita ini itu kembali lagi kepada anda.

Adapun ceritanya begini, dimana Pada suatu hari di rumah sakit terkenal, semua dokter kebingungan hanya karena ada seorang anak kecil yang tampan menderita sakit perut. Anak itu dibawa ke rumah sakit oleh orang tuanya setelah 2 hari menderita diare. Sudah bermacam obat sakit perut yang diberikan kepada anak itu, namun diarenya tidak kunjung sembuh.

Di rumah sakit orang tua anak tersebut ditanya oleh dokter, makanan apa saja yang sudah dimakan oleh anak tersebut selama 2 hari ini. Orang tua anak itu kebingungan, karena sejak anaknya diare otomatis anak tersebut tidak mau makan, dia hanya minum susu, itu pun langsung dikeluarkan lagi. Setelah usut punya usut, ternyata sebelum menderita diare, malamnya anak tersebut baru saja diajak makan kangkung cos di restoran oleh orang tuanya.

Dokter segera melakukan rontgen, ternyata diusus anak tersebut telah berkembang biak lintah dengan anaknya yang kecil-kecil. Dokter angkat tangan dan menyatakan tidak sanggup mengambil tindakan medis apapun. Akhirnya anak kecil tampan yang malang itupun meninggal dunia.

Usut punya usut, ternyata lintah itu sebelumnya bersemayam di dalam batang kangkung yang besar. Memang, untuk penggemar kangkung cos yang paling enak adalah batangnya, apa lagi jika dimasak oleh seorang ahli, maka kangkung cos rasanya akan menjadi renyah. Lintah yang berada di dalam batang kangkung itu tidak akan mati walau dimasak selama apapun, apa lagi untuk kangkung cos proses memasak tidak terlalu lama untuk menghasilkan rasa kangkung yang enak. lintah hanya akan mati jika dibakar.

Di dalam usus anak tadi, lintah yang tadinya hanya 1 dalam 2 hari berkembang biak dengan cepatnya karena terus menerus menghisap darah yang ada, otomatis dokter juga kebingungan, bagaimana mematikan/membersihkan lintah yang telah sangat banyak tersebut dari dalam usus anak malang itu.

Jujur, sejak mendengar cerita itu, kesukaan saya akan kangkung menjadi berkurang, boleh dibilang sudah 1 bulan ini saya sama sekali tidak mengkonsumsi kangkung dalam bentuk apa pun, bukan karena menjadi paranoid, tapi bagi Saya lebih baik menjaga segala kemungkinan yang ada, toh tidak hanya kangkung yang dapat kita konsumsi, masih banyak sayur lain yang dapat kita makan dengan meminimalisir segala kemungkinan “lintah” yang terselip di dalamnya.

Semoga cerita ini dapat menjadi pertimbangan untuk kita semua pada saat ingin mengkonsumsi kangkung. 

Baca juga artikel menghasilkan dari blog

About these ads

Responses

  1. Jadi ga doyan makan kangkung lagi niih,,

  2. wh aku kan suka banget kangkung, tapi setelah baca cerita ini aku jadi gimana gitu……..
    salam kenal
    kunjungi ww.suwandi-bagas.blogspot.com yahhhh
    terima kasih

  3. oh iya itu kurang satu w nya
    klik disini http://www.suwandi-bagas.blogspot.com

  4. jadi takut… g’ bakal makan kangkung lagi de

  5. @bang zoel:
    ini kan cuma supaya kita hati2 jadi gak usah takut

  6. waduh…. gawat deh. Gaji cuma sanggup beli kangkung sama tempe :)

  7. Fakta :
    1. Lintah tdk mungkin hidup di batang kangkung karena rongganya punya sekat yang tdk bisa dimasuki air sekalipun.
    2. Lintah tdk mungkin hidup di perut manusia karena pH nya yang rendah dan kondisi anaerob (bebas oksigen), lintah adalah hewan aerob dan tdk tahan asam.
    3. Diare disebabkan oleh perubahan kondisi lingkungan lambung atau mikroorganisme yang bersifat parasit, belum ada riset yang tentang lintah sebagai penyebab diare.

  8. jd agk lega se.. dgr fakta dats,abs td pagi bru mkn kangkung waa’ rasany agk gmana gt?? God bless d..

  9. Masa sieh?? Gw berapa kali tuh kasi kangkung ke anak gw yg belum 2 tahun, baik batang maupun daunnya tp puji Tuhan sampe sekarang nggak ada apa2 tuh.. Apa info ini bisa dipertanggungjawabkan?? Jangan hanya bikin orang takut untuk makan kangkung lagi.. Setelah kangkung,sayur apa lagi yang nanti dibilang ada binatangnya?? Suami saya dan saya juga termasuk penyuka kangkung,tapi aman2 aja tuh sampe sekarang?? Makanya kl beli sayur,kita harus jeli milihnya dan dicuci dulu sampai bersih..

  10. aduuh pdhalbaru ja tadi siang makn kangkung
    merinding nih!!

  11. Kyknya nga masuk akal deh kl lintah bs hdp di dlm usus apalagi berita ini nga dilengkapi dgn data2 yg valid dan terpercaya …

  12. gitu aj di ribetin…
    klo percaya ya jngn makan kangkung…..

    kalo ga percaya ya hiraukan saja….

  13. hoax itu mah gan… di bata aja gan..
    jangan percaya ama cerita yg begituan gan…

    baca nih gan..

    http://lintahindonesia.wordpress.com/2009/12/07/lintah-dalam-kangkung-yang-mematikan/

  14. emang lintahnya sebesar apa??? masak nggak keliatan waktu lagi makan.

  15. Bener gx sie……..???

    Kangkung adalah sayur fovorite ku…. :(

  16. beeeeeee,………….

    yang bner ajha niem,…………….
    msa iya kangkung ithu tnpat tinggal lintah,…………….

  17. terus ad lg gk info terakhir mengenai anak tersebut???
    jg kebenaran dari berita itu?????
    bantu jawab doooonnnkkkkkk…. :)


Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: